Banjar ; Rabu 14 September 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar menerima kunjungan dari tim penilai Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Kemenpan RB. Proses penilaian SIPP tersebut berlangsung di aula rapat Disdukcapil Kota Banjar. Bapak H. Heri Sapari, S.T., M. S.I. selaku Kepala Dinas memimpin secara langsung proses penilaian SIPP tersebut dengan didampingi oleh Ibu Tini Wiatin, S. H., M.M. selaku Kepala BIdang Pelayanan, Bapak Iwan Kustiawan, S.KM., M.H. selakau Kepala BIdang PIAK & PD serta tim dari sekretariat.
Dalam paparannya, Bapak H. Heri Sapari, S.T., M. S.I. menjelaskan terkait kebijakan pelayanan yang meliputi standar pelayanan, maklumat pelayanan dan survey kepuasan masyarakat. Selain itu, Bapak H. Heri Sapari, S.T., M. S.I. juga menyampaikan tentang profesional Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menjelaskan kedisiplinan serta memberikan penghargaan kepada pegawai dengan kriteria yang sudah ditentutkan. Pembahasan terkait budaya pelayanan yang menerapkan 3S (senyum, salam, sapa) serta menjelaskan motto pelayanan yakni “ ON TIME” yang berarti (Objektif, Normatif, Transparan, Inovatif, Melayani, Efektif dan Efisien).
Hasil penilaian dan evaluasi dari tim Penilai SIPP Menpan RB diantaranya adalah sebagai berikut :
- Lebih melibatkan masyarakat dalam memingkatkan standard pelayanan
- Memperhatikan laporan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dengan menindaklanjuti dan evaluasi pelayanan yang dituangkan dalam sebuah dokumen.
- Memberikan motivasi kerja kepada pegawai dengan menerapkan system sanksi dan reward.
- Menyajikan laporan konsultasi dan pengaduan di kanal website instansi serta seluruh kanal medsos yang dimiliki.
- Setiap inovasi yang diciptakan harus memiliki payum hokum , dalam hal ini surat keputusan.
- Mempublikasikan informasi standard yang sering menjadi pertanyaan masyarakat dalam postingan medsos yang mudah untuk diakses oleh mayarakat.
- Surat Kepeutusan (SK) yang berkaiatan dengan reward bagi pegawai teladan perlu ditingkatkan kembali.
- Terus mempertahankan kegiatan rutin dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai dengan mengikuti diklat rutin DUKCAPIL BELAJAR setiap hari Jumat satu kali dalam satu miinggu.
- Perlu dilakukan review dan evaluasi terhadap standard pelayanan secara berkala.
- Apresiasi terhadap Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yang sudah dilakukan secara offline maupun online
- Direkomendasikan lokasi kantor karena sifatnya pelayanan public agar mudah dijangkau dengan kendaraan umum, dan akan lebih baik jika berada di komplek perkantoran sesama pelayanan publik
Leave a Comment